Pengaruh Pemilu Amerika Serikat: Trump vs Biden

Kurang dari satu bulan atau tepatnya tanggal 3 November 2020 mendatang, Amerika Serikat akan menentukan siapa pemimpinnya 4 tahun ke depan. Anda yang terjun ke dunia trading sangat perlu mencermati kondisi pemilu AS dengan baik. Hal ini karena seperti biasanya, pemilu AS punya potensi dampak yang luar biasa besar untuk berbagai sektor.

Sebagai negara dengan ekonomi terdepan di dunia, kondisi politik AS memiliki konsekuensi substansial untuk sistem keuangan global. Dalam ulasan ini kita akan membahas tentang pengaruh pemilu AS dengan naik turunnya mata uang USD, Gold dan lain sebagainya.

Trump vs Biden

Dua sosok yang menjadi pilihan di pemilu kali ini adalah petahana, Donald J. Trump dan penantangnya Joe Biden.

Trump merupakan sosok dari Partai Republikan yang memiliki usaha properti. Sebenarnya, Trump sendiri tidak memiliki terlalu banyak pengalaman di bidang politik. Namun, saat terpilih menjadi presiden tahun 2016 lalu, ia mampu membuat S&P 500 dan Nasdaq melonjak sekitar 1.1%.

Joe Biden adalah wakil dari Partai Demokrat dan pernah menjabat sebagai wakil presiden saat mendampingi Barack Obama di tahun 2008. Biden dikenal memiliki pengalaman politik yang kental di AS dengan track recordnya sebagai Senator selama 47 tahun.

Daftar Zentrader dan Klaim Cashback

Trump memiliki visi dan misi pro-bisnis seperti pengurangan pajak, mempermudah regulasi usaha hingga mengurangi intervensi pemerintah di bidang ekonomi. Sosok Trump juga sangat berpengaruh pada Wall Street dan pergerakan pasar. Ini bisa disimpulkan saat ia dinyatakan positif Covid-19 beberapa waktu lalu dan bursa saham Wall Street cenderung tertekan. Saat kondisinya membaik, bursa saham Asia dan global memberikan reaksi positif.

Tak cukup sampai disitu, cuitan Trump di Twitter saja bisa menggerakkan pasar. Tercatat, di tahun 2018 lalu, sekitar 146 cuitannya di Twitter tentang perdagangan dan keuangan berhasil membuat pasar bergejolak.

Sebaliknya, Biden bersama Partai Demokrat lebih fokus pada aspek keadilan sosial dengan pemerataan pendapatan, peningkatan pendapatan negara (pajak) hingga pengurangan wealth gap. Dari sini terlihat jelas, keduanya punya tujuan yang sangat bertolak belakang. Hasil pemilu AS bulan depan akan sangat mempengaruhi iklim ekonomi dunia.

Pengaruh Pemilu AS Terhadap Naik Turunnya Dollar, Emas dan Aset Lain

aset binary option indonesia

Berikut ini ada beberapa hal yang mungkin akan terjadi pada dolar, emas dan aset lain saat pemilu AS berlangsung:

1. Periode Tegang

Pemilu AS memang akan berlangsung pada tanggal 3 November mendatang. Tapi hasil pemilu baru bisa dipastikan di akhir November. Dalam rentang waktu proses pemungutan suara hingga hasil diumumkan ini adalah masa tegang. Pasar dan publik tentunya masih menebak-nebak siapa yang menang.

Saat periode tegang ini berlangsung, dolar AS akan mendapatkan dampak positif sebelum akhirnya mengendur saat pengumuman terjadi. Untuk emas sendiri, selama periode tegang tidak akan berubah banyak. Hal ini karena emas akan bergantung pada stimulus fiskal yang datang bersamaan dengan kemenangan Trump ataupun Biden.

2. Kemenangan Trump

Jika Trump menang, mungkin keadaan di tahun 2016 akan terulang kembali. Dulu saat Trump menang, saham mengalami kenaikan dan pasar terlihat seperti status quo di mana ramah terhadap bisnis.

Kemenangan Trump juga bisa mendatangkan dampak positif bagi emas. Alasannya sangat sederhana karena Trump bersama Republikan akan memberikan stimulus fiskal lebih lanjut. Lalu bagaimana dengan dolar? Jika Trump menang, maka ini bisa merugikan dolar. Hal ini karena ketakutan akan mereda.

3. Kemenangan Biden dan Demokrat

Saat skenario ini terjadi maka saham akan jatuh karena pasar merasa khawatir terhadap anggota parlemen sayap kiri. Sebut saja Bernie Sanders, Elisabeth Warren dan lain sebagainya yang masuk dalam anggota parlemen sayap kiri. Mereka akan mendorong regulasi dan kenaikan pajak.

Kebijakan-kebijakan tak ramah pasar yang mungkin dikeluarkan oleh Biden dan Demokrat bisa membuat ekuitas takut. Namun, jika Demokrat mau menyetujui Kesepakatan Baru Hijau untuk melawan perubahan iklim maka ini bisa membuat XAU/USD melambung. Sebaliknya, dolar AS bisa mengalami penurunan dengan adanya skenario pembelanjaan besar.

4. Kemenangan Biden dengan Republik Berkuasa di Senat

Jika ini terjadi, maka saham akan menjadi aset yang beruntung menikmati bantuan. Hal ini karena Biden mengejar kebijakan yang lebih ramah perdagangan. Dolar AS juga akan turun setelah naik selama periode tegang. Emas sepertinya akan sedikit kesulitan karena bantuan fiskal baru berkurang yang artinya lebih sedikit modal untuk mendanai si logam mulia.

5. Perebutan Hasil Vote atau Saling Klaim Kemenangan

Seperti yang kita tahu, belum bisa dipastikan apakah pemilu akan berlangsung secara langsung atau pengiriman vote melalui surat/pos. Hal ini bisa memicu kedua pihak untuk mengklaim kemenangan. Jika begini, maka pengadilan akan sangat sibuk meladeni berbagai klaim yang muncul. Ini bisa berdampak pada pasar.

Ketidakpastian adalah musuh terbesar pasar.

Sejak klaim kemenangan dimunculkan hingga proses pelantikan tanggal 20 Januari 2021 mendatang, saham akan jatuh. Hal ini karena jangka waktu tadi masuk dalam kategori kelumpuhan politik. Emas juga bisa saja mengikuti ekuitas yang lebih rendah. Dolar AS dan Yen mungkin saja akan menjadi aset yang beruntung jika kondisi ini benar terjadi.

Anda harus tahu, melalui jajak pendapat yang berlangsung ada kemungkinan besar Biden bisa mengalahkan Trump. Rasio persentasenya mencapai 76%:24% untuk Biden vs Trump. Melalui jajak pendapat ini mungkin Anda bisa melihat bahwa periode tegang, saling klaim kemenangan dan kemenangan Biden serta Republik berkuasa di Senat memiliki probabilitas lebih besar untuk terjadi.

Manfaatkan Peluang Ini dengan Trading Binary Option Bersama Zentrader

Potensi keuntungan yang bisa diraup dari kondisi pemilu AS memang cukup besar. Untuk itu, ada baiknya jika Anda memanfaatkan kesempatan ini. Trading binary option bisa jadi pilihan aman karena Anda tidak perlu menganalisa terlalu dalam untuk mengambil posisi. Sebaliknya, Anda hanya perlu memperkirakan apakah harga aset akan naik atau turun saja.

contoh trading binary option

Sebagai rekomendasi, Zentrader bisa menjadi pilihan. Broker yang satu ini memberikan tingkat payouts antara 190%-195% lho. Layanan pelanggannya juga cepat dan responsif. Aset yang tersedia juga beragam dan platform tradingnya sangat mudah digunakan.

Proses deposit dan withdrawal di Zentrader juga mudah karena mereka menggunakan bank lokal seperti Mandiri, BCA, BNI. BTN. BRI, hingga Permata. Trader juga tidak dibebankan fee saat deposit dan withdrawal. Zentrader telah memiliki izin dan regulasi dari FSA St. Vincent dan sebagai perusahaan The Grenadines.

Daftar Zentrader dan Klaim Cashback

Don't miss out!
Bergabunglah Bersama Kami untuk Dapatkan Promo/Bonus Trader Cash-back & Update Berita IBT!
Receive top education news, lesson ideas, teaching tips and more!
Invalid email address
Kami hormati privasi Anda.

Tagged with:

Tinggalkan sebuah Komentar

Copyright © Indonesia Binary Option Trader - All Rights Reserved

Website kami hanya mengandung informasi umum tentang trading dan pasar finansial. Trading dan investasi menyangkut risiko besar. Sebelum membuat keputusan finansial atau menggunakan jasa yang disebutkan dalam website atau email kami, kami sarankan agar anda berkonsultasi dengan penasihat keuangan yang berlisensi.
PROMO: Zentrader Rp250K CASHBACK  KLAIM
close
open